Rabu, 16 Agustus 2017

Resep Praktis Sambal Bawang Tempe

foodiesfeed.com
Hari Minggu kemarin, si mas seperti biasa menemani saya belanja kebutuhan sayur di ruko depan kompleks. Biasanya si mas selalu ikut memilih bahan-bahan apa yang akan dibeli, tapi tidak kemarin, si mas hanya menunggu di kendaraan nya.

Tapi giliran saya mau bayar belanjaan yang sudah dimasukkan dalam kantong, tiba-tiba si mas muncul sambil menyodorkan segenggam cabai kecil ke si abang yang sedang menghitung uang kembalian untuk saya. Terang aja cabai tersebut langsung diterima oleh si abang, dimasukkan ke kantong belanjaan saya dan diserahkan ke saya. Saya cuma bisa cemberut ngeliatin si mas yang nyengir berhasil beli cabai setelah selama ini saya larang. 

Ya, sejak beberapa bulan yang lalu saya tidak pernah punya stock cabai kecil dirumah, karena asam lambung si mas sedang bermasalah. Jadi dokter menyarankan untuk menghindari yang pedas-pedas dulu. Kalau dirumah ada cabai pasti si mas akan ngelanggar aturan dokter.

Sebenarnya saya kasihan juga sih, karena si mas termasuk penggila cabai, mau apapun lauknya harus ada cabai atau sambal yang menemani. Ini kebalikan dari saya yang nggak doyan pedas.

Nah berhubung kemarin saya lagi baik hati, jadi saya memutuskan untuk membuat menu sambal sebagai lauk buat si mas (mumpung kondisi asam lambung si mas sedang nggak rewel). Sambal kok buat lauk, bukan nya sambal itu hanya pelengkap ya. Eeeeh jangan salah, resep sambal yang ini bisa juga digunakan sebagai lauk utama loh, karena ada tempe di dalamnya. Dan cara membuatnya pun cukup mudah



Sambel Bawang Tempe

Bahan:
3 siung bawang putih
1 siung bawang merah
4 cabai kecil (sesuai selera)
2 lombok merah besar (buang biji)
Garam secukupnya
Gula secukupnya yang banyak biar nggak pedes 
1 sdm kacang tanah
7 potong tempe iris tipis

Langkah-langkah:
  1. Goreng tempe yang telah diiris hingga kering
  2. Ulek kasar bawang putih, bawang merah, cabai, lombok merah, garam, gula dan kacang tanah
  3. Tambahkan tempe pada ulekan bumbu, dan ulek hingga rata (tidak perlu sampai halus agar tekstur tempe nya tetap terasa
  4. Siap disajikan

Sambal Bawang Tempe ala Saya
Simple kan cara membuatnya. Menu ini bisa disajikan langsung dengan sepiring nasi hangat atau nikmat juga jika disajikan dengan tambahan ayam goreng yang dipenyet bersama sambal bawang tempe ini.

Berhubung saya nggak doyan pedas, maka saat menikmati sambal ini saya menambahkan kecap manis untuk mengurangi rasa pedasnya. Iya saya cupu kalo urusan makan pedas. Daripada saya nggak bisa menikmati makanan yang saya masak sendiri, jadi kecap manis adalah penolong saya.

Lalu bagaimana komentar si mas?

Menurut si mas ENAAAAAAK, walaupun rasa pedasnya nggak terlalu menggigit >_<
Padahal waktu makan saya udah meler kepedesan tapi dikuat-kuatin >_<

Manfaat Sambal Bawang Tempe

Cabai dan bawang putih yang merupakan bahan utama dalam resep ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Seperti cabai misalnya. Cabai ternyata menimbulkan rasa pedas yang berasal dari zat kimia yaitu capsaicin. 

Zat kimia ini dapat merangsang otak menghasilkan endorphine yang akan menaikkan mood, menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol dan menstimulai produksi sel mukosa dalam sistem pencernaan.

Sedangkan bawang putih yang digunakan pada resep sambal ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
  • Mencegah hipertensi
  • Mengencerkan darah
  • Zat anti kanker
  • Antioksidan
  • Menurunkan berat badan
  • Sebagai anti mikroba/bakteri
Ternyata banyak juga ya manfaat dari mengkonsumsi sambal bawang ini, tentunya jika sesuai porsi dan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Hal ini jadi menyadarkan saya untuk mengizinkan si mas sesekali mengkonsumsi cabai supaya bisa mendapat manfaat diatas. Tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan dan saat kondisi asam lambungnya sedang tidak bermasalah.

Yuk cobain juga bikin sambal bawang tempe dirumah.

Cheers,
Noriko Reza

8 komentar:

  1. Sepertinya enak dan caranya mudah. Tapi saya asam urat ngak bisa makan tempe uhuuhuhu

    BalasHapus
  2. wah, kayaknya enak nih. terimakasih ya sudah berbagi :)

    BalasHapus
  3. Aku suka nambahin terasi,tambah cabe juga,hehehe

    BalasHapus
  4. Tempenya dibakar juga enak Mbak

    BalasHapus
  5. Wah enaaak, makan ini saja dengan nasi anget, sedap.

    BalasHapus
  6. bunda...saya melihatnya kemecerrr...hahaha

    BalasHapus
  7. Woh pengen nyoba juga ah, aku suka masakan yg ada cabenya. Tapi semenjak punya anak gk bisa bikin masakan dengan cabe, krn anak2 ikut makan jg (emak males masak dua menu hehe), paling banter nyambel deh hehe

    BalasHapus
  8. aku suka iniiii.. biasanya kalau ngga tempe, suka aku ganti pake oncom + leunca, endang bambang pake nasi panas #glegh :D

    BalasHapus