Kamis, 27 Juli 2017

Resep Bika Ambon Panggang

 

Saya bukan termasuk penggemar berat bika ambon. Tapi ada 1 merk bika ambon yang bikin saya susah berhenti makan ketika sudah mulai mencicipinya. Bika ambon yang saya maksud ini banyak dijual di beberapa mall di Jakarta dan memang rasanya super enak (buat saya). Bahkan saya sanggup menghabiskan bika ambon berdiameter 18 cm seorang diri sambil baca buku atau sambil nonton tv. Nah daripada saya terus-terusan beli bika ambon di mall, mendingan saya coba bikin sendiri kan dirumah.

Bika ambon ini secara tampilan mirip dengan kue sarang semut atau caramel cake yang juga pernah saya buat sebelumnya, yaitu memiliki rongga-rongga cantik seperti sarang semut dengan tekstur yang kenyal. Bedanya bika ambon memiliki tekstur yang lebih empuk, kenyal, manis & gurih, legit serta berminyak dan tentu saja nggak bikin eneg (makanya bisa  habis banyak hehe).

Untuk membuat bika ambon ini sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya saja setiap tahapan yang dilakukan harus tepat agar kue yang dihasilkan tidak bantat dan rongganya bisa terbentuk sempurna. Dan di percobaan pertama membuat kue basah ini saya harus membuang biang kue yang sudah saya siapkan. Hal ini karena saya mendiamkan biang terlalu lama, hingga si biang yang awalnya sudah mengembang jadi menyusut lagi dan sedikit mengeras.

3 tahapan utama yang harus dilakukan saat membuat kue bika ambon ini adalah membuat adonan santan, meracik adonan biang & mengocok telur serta gula hingga gula larut dengan telur. Ingat ya mengocok telur dan gula nya secukupnya saja, tidak perlu sampai adonan telur mengembang seperti jika kita membuat cake ya.

Bika Ambon Home Made
Nah untuk resep bika ambon kali ini saya menggunakan resep yang telah di share diinstagram @xanderskitchen.

Resep Bika Ambon
Bahan-bahan:
  • 10 butir kuning telur
  • 2 butir telur utuh
  • 400 ml santan kental matang
  • 300 gr sagu cap tani
  • 300 gr gula pasir
Bahan biang:
  • 1 sdm tepung terigu
  • 6 sdm air
  • 1 bungkus fermipan
  • 1 sdt gula pasir
Cara membuat santan kental:
  • Ambil 1000 ml santan (2 butir kelapa ukuran besar)
  • 3 lbr daun pandan (saya skip)
  • 10 lbr daun jeruk
  • 1 batang sereh
  • 2 ruas kunyit potong-potong
  • ½ sdt garam
  • Masak semua bahan dengan api sedang hingga air santan menyusut menjadi 400 ml (aduk santan sekali-kali)
Langkah-langkah membuat bika ambon:
  1. Buat adonan santan, sisihkan
  2. Buat adonan biang, sisihkan hingga mengembang
  3. Kocok gula & telur hingga larut dengan kecepatan rendah (cukup sampai gula larut)
  4. Tambahkan santan dan sagu bergantian hingga habis, aduk rata
  5. Tambahkan adonan biang yang telah mengembang, aduk rata
  6. Saring adonan (adonan berbentuk cair)
  7. Pukul adonan dengan centong kayu selama 15 menit
  8. Diamkan adonan selama 3 jam
  9. Panaskan oven & cetakan selama 15 menit dengan suhu 160°C
  10. Oles cetakan dengan minyak
  11. Tuang adonan kedalam cetakan & panggang dengan tutup oven sedikit terbuka selama 20 menit, kemudian tutup rapat oven dan panggang hingga matang 

Adonan Santan


Pada resep ini saya sengaja membuat adonan santan terlebih dahulu, karena waktu yang saya butuhkan untuk menyusutkan volume santan lebih lama dibandingkan mengocok telur dan mencampur adonan biang. Jadi supaya bahan-bahan yang lain tidak antri terlalu lama untuk dicampur jadi saya sedikit mengubah tahapan pembuatan dari resep aslinya. Selain itu juga supaya santan yang akan dicampur dengan adonan telur suhunya tidak terlalu panas, karena saya khawatir telurnya akan berubah bentuk. Hehe maklum telur yang digunakan lumayan banyak, jadi sayang kan kalau saya gagal mencampur adonan nya.

Setelah semua adonan tercampur dengan rata dan disaring, adonan kemudian harus dipukul dengan centong kayu atau tangan. Tujuan nya adalah agar serat rongga dapat terbentuk dengan cantik. Dipukul disini maksudnya adalah memukulkan centong ke permukaan adonan. Benar-benar dipukul ya hehe. Selain dipukul-pukul saya juga mengaduk adonan dengan cara menyendok adonan, mengangkat sendok keatas wadah adonan dan menuangkannya kembali ke wadah. Kurang lebih seperti penjual teh tarik yang menarik tehnya dari 1 wadah ke wadah yang lain gitu lah ya J. Tapi nggak perlu tinggi-tinggi angkat sendoknya, khawatir adonan tumpah kemana – mana.

Jika semua adonan sudah tercampur rata, maka 3 jam kemudian adonan siap untuk dipanggang dengan oven. Pengaturan panas masing-masing oven tentu berbeda-beda tergantung dari kapasitasnya.

Adonan Bika Ambon Saat Dipanggang
Awalnya saya menggunakan suhu 160°C untuk memanaskan oven selama 15 menit dan menambahkan nya menjadi 200°C saat adonan sudah mulai masuk. Tapi kemudian adonan terlihat mengembang hingga hampir melebihi tinggi cetakan, sehingga saya memutuskan untuk menurunkan suhunya menjadi 160°C lagi supaya adonan tidak tumpah.

Dan setelah matang, inilah hasil bika ambon buatan saya. Yeaaaaay not bad lah ya untuk percobaan pertama. Meskipun bentuknya belum cantik, tapi rasanya enaaaaak.

Bika Ambon Buatan Saya
Serat Bika Ambonnya Berhasil Terbentuk

Cheers,

Noriko Reza



28 komentar:

  1. Ini kesukaankuuu, simpan dulu resepnyaaaa. Makasih mbaaa ^_^

    BalasHapus
  2. Enak banget nih pastinya. Mba, warna kuningnya berarti dihasilkan dari kunyit ya mba? Bukan dari pewarna kuning yang biasanya dijual itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak warna kuningnya cuma dari kunyit dan kuning telur aja ini kue nya..

      Hapus
  3. Aku suka bika ambon, tapi blom pernah bikin sendiri, ngebayanginnya kok ribet *emak2 pemalas hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya sih memang sedikit ribet dibandingkan beli langsung jadi..tapi kalo pas berhasil bikin gini jadi puas juga sih hihi..

      Hapus
  4. Dulu, setiap kali tetangga mudik ke Medan, kalo pulang dikasihnya bika ambon ini. Sekarang udah gak pernah krn beliau udah meninggal :(

    Kayaknya mudah ya, jadi pingin coba bikin nih aku hahaha

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk awas ya kalo ga bikin

      Hapus
    2. Hayuk bikin lah..gampang kok..gampang ngabisin nya maksudnya

      Hapus
  5. Bika Ambon kesukaankuuu 😍
    Pandai buat kue, salut. Jadi bisa makan sepuasnya kalau bikin sendiri ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pas enak bisa makan sepuasnya mbak..tp kalo pas gagal ya sudahlah ya hehe

      Hapus
  6. Itu kue favorit aku pas bapakku bawain bika ambon dari medan. Aku belum pernah bikin sih ernak apa sih antara bikin sendiri dan beli kue jadi.

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak bikin sendiri sih lebih puas *muji muji sendiri..
      tapi kalo pas gagal bikin ya enak beli jadinya hehe..

      Hapus
  7. Kesukaanku niiih... Simpen dulu ah resepnya, buat bikin kapan-kapan kalo udah punya oven. Hehehe...

    BalasHapus
  8. Telaten ya mbak bikin sendiri, aku biasanya beli hahahha. Di surabaya tu ada toko yg jual bika ambon enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak di Surabaya ada yang enak, biasanya kalo pulang mesti beli

      Hapus
  9. Waaah enyaaaaak, hasilnya bagus mbaa kaya yg dijual di toko ole2

    BalasHapus
  10. Belum pernah nyoba Bika Ambon mbaaa...
    Makasih resepnya yaaa...
    Step stepnya jelas dan detil banget. Salam kenal mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak..hayuk bikin juga mbak bika ambon nya

      Hapus
  11. Kenapa engkau sungguh rajin sekali di otak-atik dapur kak... πŸ˜­πŸ˜­πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya biar nggak jajan diluar mulu..

      Hapus
  12. Aduh saya jadi ngiler. Btw, low gluten juga ya?! Patut dicoba nih. Thanks for sharing ya Mbak. Salam kenal :)

    Nisa
    http://www.anissarizki.com/

    BalasHapus
  13. suka kue ini karena pernah tinggal di Medan yang terkenal bika ambonnya. Tapi belom pernah bikin sendiri. Trims resepnya Mbak...dan salam kenal yaaa:)

    BalasHapus
  14. Aku termasuk ga terlalu doyan jg kue buka ambon ini mba :p, padahal, papaku pengusaha bakery di medan, dan kue bika ambon mah ada kita jual juga :p.. Ntahlah, rasanya sih oke, tp sebenernya, aku geli ama bentuknya yg berlubang2 itu :p. Jd mau digigit lgs gimana duluan hahahaha..

    BalasHapus
  15. Aq sukaaaa aku sukaaa bika amboon
    Pernah bikin tp kempes hikd

    BalasHapus
  16. Nih emang mantab resepnya secara saya emang maniak ama Bika Ambon.Next nyoba resep bikinan mbak Noriko Reza cantik ini😊

    BalasHapus