Minggu, 30 Juli 2017

Bolu Kukus Choco Moccacino


Sebelum puasa kemarin, saya sempat belanja bulanan dan salah satu item yang dibeli adalah minuman sachet, seperti kopi, minuman rasa jeruk, anggur, teh susu jahe dan lain-lain. Sengaja beli beberapa minuman sachet untuk stock supaya kalo si mbak ART bosen minum air putih bisa bikin minuman berwarna dirumah dan nggak harus jajan keluar rumah. Karena sayang kan gajinya kalo dipake jajan, jadi mending disediain aja dirumah. Sayangnya setelah libur lebaran si mbak nggak balik lagi. Jadilah saya yang bingung sama stock minuman sachet dirumah, karena saya juga nggak terlalu sering bikin minuman-minuman itu, apalagi jenis kopi.
Khawatir minuman sachet yang ada dirumah akan terbuang sia-sia karena kadaluarsa, saya mencoba mencari resep yang memanfaatkan minuman sachet sebagai salah satu bahannya. Dan akhirnya saya menemukan resep milik kak Frida di Instagram @fridajoincoffee yang menggunakan kopi instan sebagai salah satu bahan nya. Yeaaay.

Resep yang saya coba recook kali ini adalah Bolu Tiramisu Kukus yang saya ganti namanya menjadi Bolu Kukus Choco Moccacino. Sengaja saya ganti karena cokelat yang saya gunakan lebih banyak dibanding dengan resep aslinya. Selain itu waktu makan pun saya oleskan selai cokelat ditambah dengan taburan kopi instan rasa mocca pada bagian atas kue nya. Sayangnya saya nggak sempat mengabadikan tampilan si bolu kukus waktu saya oles dengan cokelat karena keburu saya telan. Hehe.

Selain kopi instan, bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus ini adalah telur, gula, tepung, baking powder, santan, minyak dan tentu saja bubuk cokelat. Lucky me, semua bahan yang dibutuhkan ada dirumah, jadi saya nggak perlu repot-repot keluar rumah untuk beli ini itu.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Resep Bolu Kukus Choco Moccacino

Bahan A:
4 butir telur ayam (suhu ruang)
200 gr gula pasir (saya 250 gr, tambahkan jika kurang)
1 sdt sp

Bahan B:
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
aduk rata & ayak

Bahan C:
100 ml santan
100 ml minyak goreng

Bahan D:
1 sachet kopi instan (saya rasa moccacino)
2.5 sdm cokelat bubuk (saya 4 sdm)

Langkah-langkah:

  1. Panaskan kukusan. Alasi tutup dengan kain bersih agar air tidak menetes. Jika menggunakan klakat tidak perlu diberi kain
  2. Mixer dengan kecepatan tinggi telur, gula dan sp hingga mengembang, kental putih dan berjejak
  3. Turunkan kecepatan dan masukkan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak
  4. Mixer dengan kecepatan rendah hingga rata (tidak perlu terlalu lama), matikan mixer
  5. Tambahkan santan dan minyak goreng ke dalam adonan, kemudian aduk balik secara perlahan dengan spatula (pastikan tercampur rata & tidak ada minyak yang tertinggal di dasar adonan
  6. Bagi adonan menjadi 3 sama banyak
  7. Adonan pertama tidak perlu diberi tambahan, adonan kedua ditambah dengan kopi instan dan adonan ketiga ditambah dengan cokelat bubuk. Aduk balik hingga rata
  8. Oles loyang dengan margarin
  9. Masukkan adonan putih kukus selama 10 menit
  10. Setelah 10 menit, masukkan adonan campuran kopi instan, dan setelah 10 menit tambahkan lagi adonan cokelat (pastikan permukaan bolu sudah matang saat akan memasukkan adonan berikutnya, supaya tidak ambles)
  11. Setelah adonan terakhir, kukus bolu selama 20 menit
  12. Keluarkan loyang dari kukusan,setelah suhu ruang, bolu siap disajikan

Tidak terlalu sulit kan untuk membuat bolu kukus choco moccacino ini. Yang paling penting saat mengocok telur, pastikan telur yang digunakan adalah telur segar dan dalam keadaan suhu ruang. Jika baru dikeluarkan dari kulkas, diamkan dulu pada suhu ruang selama kurang lebih 2 jam. Tujuan nya adalah agar telur dapat mengembang dengan baik.


Bolu Kukus Choco Moccacino
Yipii Bolu Kukus Choco Moccacino Buatan Saya
Hal lain yang perlu diperhatikan saat membuat bolu kukus ini adalah pada kukusan yang digunakan. Kukusan yang akan digunakan hendaknya terlebih dahulu sudah dipanaskan hingga bagian dalamnya dipenuhi dengan uap panas sebelum kita memasukkan loyang untuk layer pertama. Dan untuk memasukkan layer berikutnya kita tidak perlu mengeluarkan loyang dari kukusan nya. Cukup kecilkan saja apinya agar kita tidak kepanasan, tapi jangan lupa untuk merubahnya menjadi api besar lagi saat adonan sudah masuk ya.

Karena proses mengukus yang cukup lama, maka pastikan air pada kukusan diisi dalam jumlah yang cukup ya agar panci kukusan tidak gosong karena kehabisan air. Jangan menambahkan air saat proses mengukus bolu sedang berjalan ya karena akan menyebabkan kue tidak bisa mengembang dengan cantik.

Bolu Kukus Choco Moccacino
Bolu kukus choco moccacino ini sepertinya cocok juga loh untuk kue ulang tahun, tinggal dihias dengan butter cream, royal icing, fondant icing, gum paste, cokelat atau yang lain nya. Berhubung saya belum bisa menghias kue, jadi saya cukup mengoles bolu saya dengan selai cokelat saja. Hehe. Semoga berikutnya saya bisa menghias bolu buatan saya menjadi kue cantik seperti kue ulang tahun. Hehe :)

Yuk cobain juga resepnya.

Cheers,

Noriko Reza

11 komentar:

  1. Duuuhhh, keceeeee,
    Aku maish maju mundur kenak nih mbk mau nyobak resep2 kue gitu,
    Ngebookmark doang, tp gk nyobak2, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk cobain mbak..pilih resep yang bahan nya nggak terlalu banyak dulu aja mbak, jadi kalo gagal nggak perih-perih amat sakit hatinya hehe..

      Hapus
  2. wajib dicoba nih, secara anak-anak lebih suka bolu bertekstur lembut yang kukus-kukus gitu daripada yang bakar. Trims resepnya Mbak...Salam kenal yaaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama mbak, salam kenal juga

      Hapus
  3. Aissh dikukus ya bolunya... Ini hrsnya bisa aku bikin, krn di rumah ga ada oven :D. Tp kalo bolu2 gini ntah kenapa aku lbh seneng kalo bolu thok, jgn dihias dgn segala krim mba :D. Malah eneg. Makanya aku ga doyan kue ulang tahun yg bolu2..

    Coba deh, semoga aku sukses bikin kue begini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada krim yang enak dan gak enek sih mbak waktu itu pernah cobain entah dimana..tapi sejauh ini belum pernah bikin krim-krim an kue ini sendiri..
      pasti sukses mbak bikin sendiri, kalo gagal bisa konsul sama papa nya hehe..

      Hapus
  4. Kreatif, bisa utak-atik resep! Terima kasih ya. Simpan ah.

    BalasHapus
  5. waaahh fotonya bikin ngiler :p mau cobain ah di rumah ntar haha

    BalasHapus
  6. Wuah kue bolunya cantik ini, kapan-kapan mau nyobain ah. Mau beli dandang kukusan dulu, yg sekarang ini klo dipake hasilnya jadi miring2 hehehe

    BalasHapus
  7. Duh, bikin pengen aja nih. Sebagai pecinta bolu rasanya langsung pengen gitu. Kalau dari lihat bahan dan cara-cara, bisalah dibeli di praktek. Tapi aku sendiri yang belum bisa bikin, harus ada panduan ini mah..hehe

    Salam kenal ya..

    BalasHapus
  8. wahhh kayaknya yummy banget mba, cocok nih buat teman ngopi ^^

    BalasHapus