Kamis, 09 Maret 2017

Ketika Si Bolu Kukus Gagal Mekar

Bolu Kukus Mekar

Setelah beberapa kali membaca resep bolu kukus mekar di aplikasi cookpad dan di facebook, akhirnya beberapa waktu yang lalu memutuskan untuk mencoba praktek resep - resep bolu kukus yang sudah disimpan dengan rapi. Resep - resep? Iya resep - resep alias lebih dari 1 resep, supaya kalau yang 1 ternyata gagal, bisa ganti nyontek resep yang lain hehe :). Padahal sih sebenernya kalau gagal bukan salah resepnya, tapi salah tangan yang nyontek :)

Ada beberapa variasi resep untuk membuat bolu kukus mekar ini. Ada resep yang menggunakan air soda, susu, santan, pewarna makanan atau bahkan tanpa pewarna makanan dan menggantinya dengan gula merah sebagai pewarna makanan nya. Masing - masing resep tentunya memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan bahan yang digunakan.

Nah resep yang kali ini saya contek adalah bersumber dari akun cookpad Tintin Rayner yang sudah di coba juga oleh 85 pengguna cookpad lain nya. Dan hampir semua yang setor hasil recooknya bilang kalau mereka berhasil membuat bolu kukus nya mekar dengan cantik. Kalau banyak yang berhasil, artinya membuat bolu kukus mekar ini pasti nggak mungkin terlalu sulit kan hehe :)

BAHAN - BAHAN
Bahan - bahan yang digunakan cukup mudah didapat antara lain:
2 butir telur ayam
250 gr tepung kunci (ayak)
225 gr gula pasir
150 ml sprite (bisa diganti dengan susu)
1/2 sdt SP/TBM/Ovalet
Secukupnya pasta sesuai selera

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kocok gula pasir, TBM, dan telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang dan berwarna pucat. Selanjutnya turunkan speed menjadi paling rendah dan masukkan air sprite dan tepung secara bergantian hingga habis. Dan lanjutkan mengocok adonan hingga kental.
Setelah adonan kental, bagi adonan dalam 2 wadah dan beri pewarna makanan sesuai selera.

Udah gitu aja cara bikinnya. selanjutnya adonan tinggal dimasukkan dalam paper cup dan cetakan untuk selanjutnya di kukus selama 15 menit dengan api besar. Yang perlu diperhatikan (tapi nggak saya perhatikan, karena nggak sabar) sebelum mengukus si bolu ini adalah kukusan harus dipanaskan terlebih dahulu hingga kukusan full uap dan tutup kukusan HARUS dialasi dengan lap basah.

Nah gampang kan.
Dan setelah berkali - kali ngomong gampang dengan gaya selangit, apa yang terjadi pada si bolu kukus buatan saya saat tutup panci kukusan dibuka?

BOLU KUKUSNYA NGGAK MAU MEKAR :(


Si Bolu Kukus Yang Nggak Mau Mekar

Gagal Mekar
Sedih? Iyaaa. Habis semua orang bisa berhasil, eh giliran nyoba sendiri kok gagal, padahal kalo dibaca resepnya gampang banget (kebanyakan gaya sih ngomong gampang gampang hehe)

Eh tapi walaupun bentuknya gagal, soal rasa nggak mengecewakan loh. Lumayan lah masih bisa dimakan walaupun nggak mekar.

Coba lagi
Nah setelah percobaan pertama gagal, saya coba kepo ke instagramnya si mbak pemilik resep dan stalking komentar - komentar yang ada. Kemudian nemu kesalahan - kesalahan yang bikin si bolu nggak mau mekar:
1. Kukusan nggak dipanaskan hingga mendidih sebelum cetakan masuk ke panci kukusan
2. Adonan nggak dituang full dalam paper cup
3. Tidak menggunakan api besar

Baiklah setelah tau kesalahan - kesalahan yang tanpa sengaja kemarin dilakukan, kali ini saya berniat untuk bikin lagi dengan memperbaiki kesalahan yang kemarin.

Daaan hasilnyaaaaaaa, biarlah gambar yang berbicara (hehehe)

Akhirnya si Bolu Kukus mau Mekar

Nah berikut sedikit tips yang saya contek dari berbagai sumber supaya berhasil bikin bolu kukus mekar: 
1. Panci kukusan harus dipanaskan hingga full uap
2. Tutup panci kukusan harus dialasi dengan lap bersih
3. Dilarang buka tutup panci kukusan selama proses mengkukus
4. Adonan harus dituang full di paper cup
5. Api yang digunakan cenderung besar selama 15-20 menit
6. Adonan telur harus dikocok hingga benar - benar kental

Beneran gampang kok, yuk ah dicoba
(Karena sudah berhasil, boleh kan ya gaya ngomong gampang lagi :) )

Bolu Kukus Mekar dengan Air Sprite

Bolu Kukus Mekar dengan Air Susu
Bolu Kukus Mekar

NB: air sprite bisa diganti dengan susu atau santan, saya sendiri sudah coba dengan susu dan hasilnya tetap bisa mekar dengan cantik

Cheers,

Noriko Reza

2 komentar:

  1. Wow....
    Bolu kukusnya mekar merekah pake banget, mba Noriko. Cantiiiikkk banget. Iiihhh..., jadi pengen nyomot satu deh. Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaak hehe..akhirnya di percobaan ke2 baru bisa berhasil mekar setelah sebelumnya gagal

      Hapus