Sabtu, 24 September 2016

Mudahnya Membuat Bubur Sumsum


Bubur sumsum ini termasuk salah satu makanan tradisional yang saya suka. Gurih-gurih manis lembut gimana gitu rasanya. Sebelum pindah ke Jakarta, kalo lagi pengen bubur sumsum bisa cari ke Pasar Blauran. Disana enak, banyak variasi teman-teman nya si bubur sumsum ini. Ada mutiara, biji salak, ketan hitam sampai dawet hijau. Pokoknya kalo kesini saya nggak mungkin cukup makan 1 porsi, pasti nambah.

Nah pas pindah ke Jakarta, eh Bekasi, eh ya sudahlah ya pokoknya pindah ke Harapan Indah ini, agak susah nemu penjual bubur sumsum. Ada sih pak penjual bubur sumsum di dekat pasar modern, tapi menurut saya rasanya masih kurang gimana gitu. Selain itu si bapak jualan nya suka pindah-pindah, jadi kalo pas lagi nyari belum ketemu di tempat yang sama.

Daripada cari-cari dan belum tentu ketemu sama si bapak penjual bubur Sumsum, saya iseng deh lihat resep untuk membuat bubur sumsum ini. Eeeh ternyata resepnya gampang yaa *gaya ya*. Dan bahan yang dibutuhkan juga nggak susah sama sekali.

Cuman butuh tepung beras, santan, daun pandan, garam, gula merah, kayu manis dan air. Cara bikin nya pun nggak susah, tinggal campur, aduk-aduk masak sebentar jadi deh hehehehe gaya bener deh ngomongnya. Percobaan pertama bikinpun langsung berhasil, meskipun teksturnya nggak selembut bubur sumsum di pasar Blauran, tapi cukup untuk memuaskan rasa kepengen lah.


Percobaan pertama, rasa oke, tekstur masih menggumpal
Ada beberapa kesalahan yang ternyata saya lakukan yang bikin tekstur bubur jadi kurang lembut.
Salah satunya saya terlalu buru-buru masak campuran tepung beras dan santan nya diatas api, sehingga tekstur luarnya agak sedikit menggumpal. Setelah baca-baca artikel tentang resep bubur sumsum, ada beberapa tips supaya bubur nggak menggumpal nih:

  • Jika menggunakan santan instan, santan harus diencerkan dengan air sesuai kebutuhan. Tidak boleh terlalu encer agar bubur bisa halus dan mengkilat
  • Tepung beras harus dicairkan dengan sebagian santan sampai larut sempurna. Dan mencairkan nya ini jangan dilakukan langsung diatas api, karena ini akan menyebabkan bubur cepat menggumpal
  • Memasak buburnya harus selalu diaduk-aduk agar hasilnya tidak ada yang menggumpal dan lembut
  • Memasak bubur cukup menggunakan api sedang

Resep Bubur Sumsum Simple (diambil dari beberapa sumber)
150 gr tepung beras
3 gelas air
65 ml santan instan
Sejumput garam
2 lembar daun pandan,cuci bersih, ikat

Resep Kuah Manis (diambil dari beberapa sumber)
200 gr gula merah, sisir
3 gelas air (tergantung selera kekentalan gula)
3 cm kayu manis batangan
Sejumput garam
1 lembar daun pandan, cuci bersih, ikat

Cara memasak bubur:

  • Larutkan tepung beras, garam dengan sebagian air santan hingga tidak ada yang menggumpal
  •  Masak sisa santan yang belum digunakan dengan daun pandan hingga mendidih
  • Masukkan larutan tepung beras dan air santan kemudian aduk hingga kental dan mendidih
  • Matikan api dan dinginkan

Cara membuat kuah manis:

  • Sisir gula merah
  • Masak gula merah, air, garam, kayu manis dan daun pandan hingga gula merah larut, mengental dan berwarna kecoklatan
  • Matikan api dan dinginkan

Karena di percobaan pertama teksturnya kurang oke, maka saya coba bikin lagi dengan mengikuti tips - tips yang ada di artikel - artikel lain nya, dan hasilnya horeee lebih lembut dari sebelumnya

Hasil Percobaan Kedua

Cheers,

Noriko Reza

7 komentar:

  1. Terimakasih. Saya jadi ingin mencoba buat. :)
    Sukses terus untuk berbagi :)

    BalasHapus
  2. Ternyata mudah ya,
    seringkali anak minta dibuatkan bubur sumsum seperti ini.
    dan resepnya ketemu di sini.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata mudah hehe..bisa lebih hemat & lebih higienis juga kalo bikin sendiri..
      semoga bermanfaat ya resep ala-ala nya hehe :)

      Hapus
  3. bubur sumsum kayak gini kalau ditempat saya buat tombo capek kak :)
    enak memang
    apalagi kalau kuahnya banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih enak lagi kalo bubur sumsumnya ditambah biji salak juga..jadi lebih manis juga..tapi sayang belum berhasil belajar bikin biji salaknya hehe

      Hapus
  4. Aku bubur sumsum dulu pasrah minta dibuatin mertua...dan langsung dibuatin sepanci gede...hehehe...

    BalasHapus